cool hit counter

PDM Kabupaten Indramayu - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Indramayu
.: Home > Naskah Pengajian

Homepage

Naskah Pengajian

Rihlah Majlis Tabligh Muhammadiyah Jabar

377

Dewandakwahjabar.com–Menjelang Milad Muhammadiyah 1 abad, Majlis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat telah melaksanakan kegiatan rihlah atau kunjungan kerja ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kerawang dan Subang. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Ahad, 10-11 November 2012. Pimpinan Majlis Tabligh yang berangkat dari Bandung ke Kerawang dengan mobil PWM Jabar, yakni Ketua, KH. Syaiful Abdullah, Sekretaris, Ir. Dani, Bendahara, Ir. Amirul Yusuf, Romo Budi, ditemani Ustadz Agus asal Subang. Sedang dua anggota Majlis Tabligh yang datang belakangan ke Kerawang, yakni Ust. Dadang dan bandung Barat dan Muhsin MK dari Kota Depok.

Di Kerawang rombongan diterima oleh PDM setempat, yang saat itu tengah menyelenggarakan kegiatan Daurah (Pelatihan) Mubaligh Muhammadiyah se Kabupaten Kerawang, bertempat di Perguruan Muhammadiyah Cabang Kota Baru Cikampek. Pelatihan yang diadakan selama dua hari itu di isi oleh Pemateri dari PWM dan Majlis Tabligh Jabar.

Majlis Tabligh Muhammadiyah Jabar mengisi materi tentang Tehnik Penulisan Naskah Khutbah dan Pembentukan Kops Mubaligh Muhammadiyah. Karena yang hadir ada lima orang, maka diadakan panel diskusi pamteri pada saat itu, yakni Muhsin MK, Ir. Dani dan Ust. Dadang, salah seorang assatidz Pesantren Darul Ilmi, Cipeundeuh. Sedang Ketua Majlis Tabligh, KH. Syaeful hanya memberi pengantar dalam panel tersebut. Selesai panel diskusi diadakan tanya jawab.

Setelah bermalam di ruang kelas sekolah Muhammadiyah Cikampek, bada Subuh Ketua Majlis Tabligh memberikan tausiyah, dan dilanjutkan dengan pemberi materi khusus untuk peserta tentang kristologi oleh Romo Budi, mantan Kristian dan tentang Dana Da’wah oleh Amirul Yusuf. Peserta daurah yang berjumlah sekitar 50 orang diberi kesempatan untuk melakukan tanya jawab.
Selesai dari Kerawang, rombongan Majlis Tabligh PWM jabar kembali melanjutkan perjalanan menuju Subang untuk berkunjung ke PDM setempat. Di Subang ini rombongan langsung menuju ke komplek Perguruan Muhammadiyah Subang, disambut oleh pimpinan Muhammadiyah setempat. Kegiatan di Subang ini antara lain mengisi Pengajian Umum bulanan, yang dihadiri oleh segenap pimpinan cabang, organisasi otonom dan pengurus PDM setempat. Ketua Majlis Tabligh, KH. Syaiful Abdullah yang ditugaskan mengisi pengajian dengan tema tentang konolidasi Muhammadiyah agar menjadi organisasi yang lebih maju lagi dalam usianya memasuki satu abad. Sehabis pengajian umum, selepas shalat dzuhur berjamaah di masjid komplek sekolah dan Panti Asuhan Muhammadiyah Subang dan makan siang, diadakan pertemuan khususnya antara rombongan Majlis Tabligh PWM Jabar dengan pengurus Majlis Tabligh PDM Subang. Muhsin MK yang mendapat kesempat menyampaikan arahannya memfocuskan pada masalah pementukan Korps Mubaligh Muhammadiyah Daerah Subang yang diharapkan untuk segera terbentuk. Pengurus Majlis Tabligh lainnya, antara lain Ir Dani dan Ir. Amirul Yusuf melengkapai dengan materi tentang profil Mubaligh Muhammadiyah dan Penggalian Dana Mubaligh. Acara diakhiri dengan ramah tamah sebelum rombongan kembali ke markas PWM Jabar di Bandung. (Muhsin MK/dewandakahjabar.com)


Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website